NASEHAT atau SOLUSI ?



NASEHAT ? Apa itu? Pentingkah buat aku, kita atau kami?..aku rasa nasehat sekarang sudah tidak penting lagi. Aku gak butuh nasehat dari siapapun

Jika dari kita mendengar seseorang melontarkan kata-kata seperti itu, jangan pernah menyebut bahwa orang tersebut sedang gila, stress atau kehilangan pegangan hidup, atau sedang memberontak.
Dia mungkin benar. Sehingga dia mengucapkan kata-kata seperti itu

Coba kita belajar mengkritisi apa itu NASEHAT.

Nasehat  sebenarnya merupakan susunan kata-kata yang sebenarnya menguatkan, menentramkan, menenangkan, mengarahkan seseorang untuk melakukan hal yang lebih baik dan biasanya berisi larangan-larangan atau anjuran-anjuran yang harus dilaksanakan.  

Namun  nasehat yang datang terkadang tidak melihat masalah yang sebenarnya. Misalnya seperti  hal yang sepele dan yang sering terjadi dalam keseharian
Jika seorang ayah/ibu mengetahui bahwa si anak selalu mendapat nilai yang  jauh dari memuaskan, orang tua pasti  mengatakan seperti demikian (klise) “Belajar yang rajin, supaya naik kelas, jangan pernah malas. Jika kamu malas kamu akan ketinggalan banyak.” Dan bla...bla..bla....

Tapi tidak pernah dilihat atau dipahami kenapa si anak malas belajar, bisa jadi si anak memang tidak mampu menyerap materi pelajaran seperti anak-anak yang lain, atau memang situasi rumah yang tidak mendukung, atau masih banyak hal yang membuat si anak malas dan tidak mau mengejar ketinggalannya. 

Seharusnya ditemukan apa penyebab si anak demikian, dan kemudian diambil suatu tindakan yang menyebabkan anak mau melakukan. Nah inilah yang disebut SOLUSI.
Menjadikan orang lain lebih baik tidak hanya dengan kata-kata, tapi bukti nya dari suatu perkataan.
Tidak salah jika seseorang mengatakan bahwa dia benci DINASEHATI
Sekarang ini banyak yang membutuhkan solusi TINDAKAN NYATA dan  TULUS, CONTOH atau TELADAN yang dapat dilihat oleh orang sekitar.

Saya tidak menyarankan anda untuk tidak mendengarkan sebuah nasehat atau membantah sebuah nasehat.
Tapi jika si pendengar tidak mampu untuk melakukan sebuah nasehat, jangan pernah menyalahkan orang tersebut, mungkin dia memang tidak sedang membutuhkan suatu NASEHAT tapi SOLUSI untuk mengatasi masalahnya.

Berikan SOLUSI bukan NASEHAT
Dalam SOLUSI ada nasehat
Dalam NASEHAT belum tentu ada solusi


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KATANYA......KATANYA...dan KATANYA.....

ROOTLESS

Sepinya Malam Tahun baru