ROOTLESS

Hari ini saya mendapat pelajaran baru dari sebatang pohon yang tergeletak di salah satu sudut halam an sekolah kami. Batang pohon ini dibiarkan tergeletak di sana berhari-hari, anak-anak TK maupun 
SD bahkan sering duduk di sana ambil menunggu jemputan ato sekedar bermain-main di dekat batang pohon tersebut.

Seperti pada umumnya pohon-pohon yang lain, akar merupakan hal penting dari sutu tumbuhan.
Apabila bagian akar tidak berfungsi maka secara perlahan pohon tersebut akan mengering dan kemudian mati.Tidak akan ada daun yang menempel di sana. Bagian akar pohon ini sudah nampak kering dan rapuh, tentu saj semua yang menempel pada batang, cabang dan ranting akan mengering dn rontok. Secara sekilas pohon ini tidak memiliki keistimewaan. 
Tumbuh kemudin dipotong, Akarnya tercabut, digeletakkan dan kemudian mengering....Soooo natural....!!!!
Gak ada istimewanya khan...???!!!
.






Hanya sebatang kayu....!!!!!
Tapiiiii...........

Saya Coba mengamati bagiang atas dari batang kayu tersebut.....

Saya cukup dibuat wooooww...!!!
Ciptaan Tuhan memang luar biasa

Saya melihat ada keunikkan di sana...!!!!






Ada beberapa tunas yang muncul  dan tumbuh di sana. 
Tadinya saya sempat berpikir. Mungkin pohon ini baru saja ditebang dan tunas-tunas yang saya lihat adalah sisa-sisa kehidupan dari pohon tersebut.

Namun akar pohon ini mengingatkan saya ......akar pohon ini sudah mengering, maka batang pohon ini tidak akan membiarkan satu daunpun menghijau di sana...
Hipotesa saya keliru ...!!!!!

Sekali lagi saya mengamati tunas-tunas yang bermunculan pada batang pohon ini.
Soooooo Unique.....!!!!

Dia tumbuh tidak mengikuti bentuk batang pohon tersebut

Namuuun....


Tumbuh tegak lurus dengan batangnya, Seharusnya dahan, ranting atau cabang pohon akan tumbuh lurus seperti batang utamanya.                                   Tapi kali ini tidak....!!! Batang pohon tergeletak sedangkan tunas-tunas baru tumbuh di atasnya. Artinya... batang  ini memiliki daya hidup yang tinggi. 
Akar boleh tidak ada.
Tanah sudah terpisahkan
Namun daya juang masih tersisa.
Dan itu semua mampu membuat suatu kehidupan. baru.

Kemampuan bertumbuh pada batang ini mengingatkan saya, bahwa ketika kita tidak memiliki apa-apa yang kita anggap penting, asal kita memiliki daya hidup yang disebut asa/harapan
Yakinlah...kita akan HIDUP dan BERKARYA





Komentar

Postingan populer dari blog ini

KATANYA......KATANYA...dan KATANYA.....

Sepinya Malam Tahun baru